Punya Kulit Kering? 4 Tips Khusus untuk Melembabkan Kulit Kering


aragsan.com – Saat kamu memiliki kulit yang pecah-pecah, gatal dan kering, pasti kamu menginginkan cara yang cepat dan mudah untuk menemukan kembali kelembutan dan kelembaban kulitmu lagi. Penyebab kulit kering, tidak hanya karena produk perawatan kulit yang kamu pakai. Masalah ini juga dipengaruhi cara kamu membersihkan kulit, udara di tempat kamu tinggal, dan bahkan pakaian yang kamu pakai.

Berikut ini adalah metode terbaik yang bisa kamu lakukan untuk melembabkan kulit yang kering.

  1. Hangat Boleh, Panas Jangan.

Mandi air hangat memang terasa sangat nyaman tapi menurut dermatologis, Andrea Lynn Cambio, MD., ternyata ini bukan ide bagus untuk kulit kering kamu. Pasalnya, mandi air hangat akan menghilangkan minyak alami di dalam kulit yang kamu butuhkan untuk menjaga kulitmu tetap lembab dan halus.

Jadi pastikan jangan terlalu sering mandi air hangat dan jangan menghabiskan terlalu lama di kamar mandi. Para ahli kulit menyarankan untuk mandi air hangat yang tidak lebih dari 5 – 10 menit saja.

  1. Bersihkan dengan Lembut

Bersihkan kulit kamu dengan pembersih yang tidak mengandung sabun. Sabun yang lembut dan tidak menggunakan pewangi akan menjadi pilihan terbaik untuk kulit yang kering. Produk seperti deodoran dan kandungan anti-bakterial pada sabun juga bisa sangat meruak kelembaban kulit kamu.

Kurangi penggunakan make-up yang mengandung alkohol seperti toner. Ketika kulit kamu mengelupas, jangan menggosok terlalu keras karena akan mengiritasi kulit.

  1. Cerdas Mencukur

Mencukur juga jadi salah satu faktor penyebab keringnya kulit. Ketika kamu membuang bulu-bulu yang tidak kamu inginkan, dalam waktu yang bersamaan kamu juga membuang kandungan minyak alami di dalam kulit.

Waktu yang paling tepat untuk mencukur adalah saat kamu selesai mandi. Saat itu bulu akan menjadi lebih halus dan lembut, membuatnya lebih mudah untuk dicukur. Gunakan juga pencukur yang tajam karena alat cukur yang tumpul akan mengiritasi kulit.

  1. Hindari Ultraviolet

Matahari adalah penyebab utama dibalik kulit yang kering dan kasar. Kamu bisa mencegah kerusakan kulit dengan memakai pakainan tertutup dan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30. Dalam cuaca yang dingin, gunakan pakaian berlapis untuk menghindari overheat dan penguapan secara berlebihan. Keduanya bisa membuat kulit sangat kering.

Tags: , , , , ,